Inilah Langkah-langkah Membangun Bisnis Online

Bila Anda mempunyai ide mengenai produk atau jasa yang bisa Anda jual, memasarkannya secara online adalah salah satu cara yang mudah dan bisa jadi paling murah. Seiring dengan peningkatan penjualan perlengkapan komputer dan internet, jumlah konsumen yang memilih berbelanja di dunia maya pun semakin meningkat. Tidak hanya itu, nilai transaksinya, wooow, fantastis!

Transaksi online di Indonesia pada 2011 mencapai US$ 3,4 juta, dan pada tahun ini diprediksi mencapai US$ 4,1 juta (sekitar Rp 39,2 miliar). Selain itu, hasil survei Master Card Worldwide online shopping menyatakan masyarakat Indonesia tercatat yang paling banyak melakukan pembelanjaan secara online se-Asia Pasifik. Inilah beberapa langkah membangun bisnis online:
.
Buat rencana bisnis
Salah satu elemen terpenting dari mendirikan bisnis online adalah dengan menemukan pasar yang mau membeli ide, produk, atau jasa Anda. Dengan menemukan pasar secara tepat, Anda akan menghemat biaya dan energi untuk pemasaran karena upaya, uang, dan energi yang Anda keluarkan lebih terarah.
Biaya membangun website bisa bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun saat ini Anda punya banyak pilihan (betapa beruntungnya Anda hidup di zaman internet), karena tidak harus memulainya dengan membangun website berbayar (walaupun ada juga website yang gratis, namun tentu saja kelemahannya tidak setimpal dengan gratisnya). Anda punya alternatif dengan memanfaatkan blog, facebook, multiply, twitter, forum online, dan sebagainya.
Permudah cara pemesanan dan pembayaran, karena situs dengan proses jual-beli yang rumit dan merepotkan berpotensi besar pelanggannya membatalkan niatnya membeli. Selain itu keamanan juga hal yang sangat prioritas.
Jangan menyerah dari usaha Anda terlalu dini, semua usaha membutuhkan waktu. Barangkali pada awal-awal berdirinya bisnis Anda tidak akan memberikan pemasukan yang cukup berarti, semua pebisnis online mengakui mengalaminya.

Website
Pastikan Anda rajin mengupdate web Anda secara rutin, karena perannya sama pentingnya sebagaimana inovasi, imajinasi, dan penemuan untuk kesuksesan jangka panjang Anda.
Selain itu hal tersebut mampu menarik orang untuk membelanjakan uangnya pada bisnis Anda, karena orang akan menangkap kesan profesional dan keseriusan anda dalam melayani pelanggan.

Pemasaran
Pemasaran idealnya sudah dilakukan semenjak sebelum Anda mengeluarkan rupiah pertama Anda untuk belanja modal. Dengan begitu, order pertama langsung Anda dapatkan pada hari pertama website Anda resmi terdaftar di internet, atau bahkan jauh sebelumnya.
Yang perlu Anda lakukan adalah mengatakan kepada orang-orang terdekat dan para pelanggan potensial bahwa mulai saat ini Anda berbisnis barang/jasa yang mereka butuhkan.
Sebagai contoh, Anda bisa memberitahu teman-teman terdekat mengenai bisnis souvenir pernikahan Anda dan mengajak mereka membeli, dengan demikian tidak perlu menunggu order pertama terlalu lama semenjak website Anda eksis.
Selain itu Anda bisa memanfaatkan Google AdWords sebagai cara beriklan yang efektif. Bisa juga menggunakan email pemasaran yang menjelaskan kelebihan bisnis Anda dan merekomendasikan mereka untuk mengunjungi website Anda.
Cara yang lain adalah dengan melakukan Search Engine Optimization (SEO) untuk membantu Anda menangkap pembeli potensial yang mencari jenis produk/jasa yang Anda tawarkan melalui search engine seperti Yahoo! atau Google.

Cara transaksi dengan pelanggan
Pastikan pembeli merasa aman berbelanja kepada Anda dengan memastikan setiap detail transaksi mereka dijaga kerahasiaannya. Cara paling mudah untuk menjamin rasa aman pembeli online adalah misal dengan menggandeng Paypal, sebuah situs penjamin khusus transaksi online.

Mulai dari kecil dan bersabarlah
Sekarang Anda sudah membaca nyaris semua hal umum yang perlu anda ketahui sebelum mendirikan bisnis online. Namun semua yang Anda baca ini tidak akan terlalu berarti tanpa satu hal lagi, yaitu ACTION!
Inilah Langkah-langkah Membangun Bisnis Online Inilah Langkah-langkah Membangun Bisnis Online Reviewed by Unknown on 10:29 AM Rating: 5
Powered by Blogger.