Inilah Cobaan Psikologis Ketika Berhenti Merokok

Inilah Cobaan Psikologis Ketika Berhenti Merokok

Berhenti merokok, apalagi yang sudah merokok bertahun-tahun memang bukan perkara mudah. Banyak yang akhirnya 'putus sambung' dengan rokok. Setelah berhenti beberapa waktu kemudian kembali jadi perokok.

Nikotin pada rokok jadi biang perkaranya. Zat kimia satu ini menyebabkan seseorang jadi sangat kecanduan. Dan, ketika tubuh tak lagi mendapatkannya maka akan berdampak tak hanya secara fisik tapi juga psikologis.

Tiga gejala psikologis ini akan terjadi pada seseorang yang berhenti merokok. Bagi mereka yang cukup kuat mengatasinya, mungkin akan berhasil untuk tak lagi jadi perokok. Tapi bagi yang kembali lagi jadi perokok, bisa jadi karena efek psikologis ini.


Depresi
Tak bergairah, merasa pikiran buntu, dan bingung tanpa sebab.  Hal ini, akan dialami selama sekitar 3 hingga 4 hari. Karena itu, sangat penting berada di lingkungan yang mendukung Anda untuk berhenti merokok. Sebaiknya, Anda berkumpul dengan teman yang bukan perokok.

Mudah marah
Dengan menahan keinginan untuk merokok yang sangat besar, lalu depresi, emosi pun bisa dengan mudah terpancing. Jangan heran kalau orang yang dalam tahap berhenti merokok jadi mudah marah dan tersinggung. Kondisi ini bisa terjadi selama tiga hari. Saat Anda dalam proses ini, tarik dan buang napas secara perlahan sambil hitung hingga 10. Cara ini bisa menurunkan emosi.

Bosan

Dalam kondisi tak ada kegiatan dan bosan, rokok biasanya jadi pelampiasan. Bisa hanya menonton televisi dan duduk berjam-jam ditemani sebungkus rokok. Karena itu, segera cara kegiatan lain yang membuat Anda sibuk. Lakukan saja hobi Anda atau pergi ke tempat seru yang tak memungkinkan Anda merokok, bioskop misalnya.
Inilah Cobaan Psikologis Ketika Berhenti Merokok Inilah Cobaan Psikologis Ketika Berhenti Merokok Reviewed by Unknown on 5:04 PM Rating: 5
Powered by Blogger.