Lakukan Ini Ketika Ban Mobil Meletus Saat Berkendara

Banyak hal tak terduga bisa terjadi selama melakukan perjalanan, berikut cara mengatasinya bila mengalami ban meletus tiba-tiba saat berkendara.

Pertama, jangan panik! Pegang setir lebih kuat, pertahankan arah mobil tetap lurus. Jangan langsung melakukan perlambatan atau mengeremsecara mendadak, misalnya membebaskan pedal gas dan langsung menginjak rem. Rasakan dahulu sumber goyangan terbesar berasa dari mana (depan/belakang) untuk mengetahui ban yang pecah.

Jika yang pecah depan, langkah yang harus dilakukan harus ekstra hati-hati. Kurangi kecepatan dengan membebasakan pedal gas secara perlahan dan bertahap. Tujuannya, agar perpindahan bobot tidak terjadi secara ekstrem ke depan. Selanjutnya, aktifkan rem parkir secara bertahap untuk membantu mengurangi kecepatan. Paling tidak, bila kecepatan 40 km/jam, mobil baru dipinggirkan.

Bila yang pecah ban belakang, untuk memperlambat laju mobil bisa dilakukan lebih cepat dengan langsung melepas pedal gas dan melakukan pengereman. Jangan lupa memberi tanda sein ketika hendak berpindah jalur.
Lakukan Ini Ketika Ban Mobil Meletus Saat Berkendara Lakukan Ini Ketika Ban Mobil Meletus Saat Berkendara Reviewed by Unknown on 10:42 AM Rating: 5
Powered by Blogger.