Inilah Trend Bisnis di Tahun 2013
Tren terus bermunculan seiring berjalannya
waktu. Sebagian dari tren tersebut dapat memberikan dampak besar bagi
perusahaan Anda. Anda harus tetap waspada untuk mengantisipasi perubahan
yang dapat terjadi karena tren ini. Jika baik, tentu Anda harus memanfaatkan
momentum itu untuk lebih maksimal lagi menggenjot kinerja bisnis. Namun,
jika dampaknya lebih mengarah ke negatif, jangan tunda untuk segera menyusun
strategi mengatasinya.
Berikut adalah
sejumlah tren dunia bisnis yang perlu diketahui di tahun ini:
Antisipasi
kekacauan total
Kunci utama untuk
dapat bertahan di tengah kekacauan atau krisis yang menerpa ialah dengan
menjadi selentur mungkin. Anda harus menjaga ide orisinal Anda namun di
saat yang sama juga perlu menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada di sekitar.
Keputusan
berada di tangan konsumen
Kini konsumen
menjadi pemegang semua keputusan. Mereka terlibat dalam lebih banyak hal
dibanding waktu yang lalu. Mereka menginginkan brand memperbaiki
banyak hal dan mereka akan meninggalkan brand Anda jika merasa tak puas.
Solusi yang spesifik harus dilakukan untuk mengendalikan fenomena ini.
Belanja online
Orang lebih suka
berbelanja via Internet sekarang. Banyak perusahaan mulai memberikan layanan
online dan ini menjadi cara baru untuk menjaring lebih banyak pelanggan.
Apakah perusahaan Anda sudah memiliki layanan semacam ini?
Koneksi dan
kolaborasi
Para pesaing mulai
berkolaborasi dan membuat proyek bersama. Jika Anda belum siap untuk
berkolaborasi, saatnya sekarang untuk bersiap-siap mencari mitra
dan memperkuat hubungan bisnis.
Tren ramah
lingkungan
Aksi ramah
lingkungan sangat populer akhir-akhir ini. Kecuali Anda sudah melakukannya,
cobalah untuk mempertimbangkan konsep ini dan menerapkannya dalam
bisnis Anda.
Investasi di
industri kesehatan
Industri kesehatan
tumbuh dengan cepat sekarang karena orang lebih suka menginvestasikan uangnya
di sana. Sehingga bisa jadi cukup sukar bagi Anda untuk menemukan orang
yang tertarik pada bisnis Anda kecuali di bidang kesehatan.
Efek generasi baby
boomers
Generasi baby
boomers yang lahir pasca Perang Dunia II akan segera pensiun dan mereka
bersedia untuk menghabiskan banyak uang untuk dapat terus aktif
berkegiatan dan mengalami berbagai hal meski sudah masuk usia pensiun.
Perubahan yang
terus menerus
Keadaan terus
berubah. Satu saat konsumen menyukai A dan bisa jadi mereka membencinya esok
hari. Mereka mungkin menyukai produk dan jasa Anda sekarang, tetapi tak
ada yang dapat menjamin mereka akan tetap setia besok.
Pelanggan yang
hemat
Orang cenderung
makin cerdas dalam membuat pilihan dan mereka ingin menghemat sebanyak mungkin
uang sepanjang waktu. Sebagai pebisnis, Anda tak dapat lagi menentukan
harga sesuka hati. Jika harga terlalu tinggi, Anda bisa ditinggalkan calon
konsumen.
Posisi
pelanggan makin kuat
Pelanggan
mendefinisikan setiap aspek dalam bisnis. Mereka memiliki hak untuk mengeluh,
dan memberikan masukan. Sejak sekarang, Anda harus siap
mengantisipasi tren ini dan bagaimana tren ini dapat mempengaruhi
keputusan penentuan arah strategi bisnis.
Inilah Trend Bisnis di Tahun 2013
Reviewed by Unknown
on
8:35 AM
Rating: