Inilah Cara Alami Cegah Flu


Flu merupakan penyakit yang sampai saat ini belum diketahui obat mujarabnya. Karena penyakit ini disebabkan oleh virus, maka pencegahan terhadap penyakit ini menjadi jalan yang efektif. Kesadaran diri mencegah gejala flu merupakan pilihan untuk membuat hidup lebih sehat.  


Berikut tip mencegah flu secara alami yang dapat anda lakukan sehari-hari:

Cucil tangan
Virus flu kebanyakan menyebar melalui kontak langsung. Seseorang yang menutup bersin dengan tangan kemudian memegang benda lain seperti telepon, gelas, atau sendok akan mudah menyebarkan virus ke orang lain. Virus ini dapat hidup selama berjam-jam, karena itu cucilah tangan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu atau bisa juga dengan menggunakan pencuci tangan instant yang saat ini banyak ditawarkan di pasaran.

Jangan menutup bersin atau batuk dengan tangan
Karena bakteri dan virus dapat menempel di tangan, menutup batuk atau bersin dengan tangan memungkinkan penyebaran virus kepada orang lain melalui kontak langsung. Gunakanlah tisu untuk menutup batuk atau bersin anda.

Perbanyak minum air
Air berfungsi membersihkan sistem tubuh dari racun. Orang dewasa disarankan minum sedikitnya 8 gelas per hari. Cara mudah apakah anda mendapatkan cukup suplai air adalah dengan memperhatikan urin. Bila Anda cukup minum maka urin hampir mendekati bersih sebaliknya bila berwarna kuning pertanda Anda membutuhkan lebih banyak 
cairan.

Berendam dalam air panas atau sauna
Para peneliti tidak menjelaskan peran sebenarnya sauna dalam mencegah flu. Tapi sebuah penelitian tahun 1989 di Jerman menemukan orang yang mandi sauna dua kali setiap minggu, lebih kecil kemungkinannya terkena flu dibanding mereka yang tidak. Secara teori, ketika anda sauna, anda menghirup udara sauna yang panas yang sebanding 80 derajat, sebuah temperatur yang terlalu panas bagi virus flu untuk bisa bertahan hidup.

Lakukan senam aerobik secara teratur
Aerobik mempercepat jantung memompa darah sehingga membuat anda bernapas lebih cepat untuk membantu mentransfer oksigen dari paru-paru ke darah. Aerobik membantu meningkatkan kekebalan alami untuk membunuh virus secara alami.

Banyak makan makanan yang mengandung phytochemical
Phyto artinya tumbuhan. Perbanyaklah mengkonsumsi bahan makanan dari tumbuhan, bahan kimia alami yang terkandung dalam tumbuhan memberikan tubuh banyak vitamin karena itu banyaklah makan sayuran dan buah-buahan berwarna hijau, merah dan kuning.

Minum yogurt
Beberapa penelitian menunjukan minum satu cangkir yogurt rendah lemak dapat mengurangi peluang terkena flu hingga 25%. Para peneliti berpendapat bakteri menguntungan yang terdapat dalam yogurt dapat menstimulus produksi sistem kekebalan tubuh untuk menolak penyakit.

Jangan merokok
Statistik menunjukan perokok berat lebih rentan dan lebih sering mengidap flu. Merokok dapat merusak dan menyebabkan bagian sistem pernapasan kering sehingga virus flu dapat dengan mudah masuk.

Jauhi minuman alkohol
Konsumsi alkohol berlebihan dapat merusak fungsi hati sebagai sistem penyaring tubuh yang paling utama. Karena itu semakin berat konsumsi alkohol semakin rentan terkena infeksi dan juga komplikasi. Alkohol dapat membuat tubuh dehidrasi dan menyerap lebih banyak cairan dari sistem tubuh.
Inilah Cara Alami Cegah Flu Inilah Cara Alami Cegah Flu Reviewed by Unknown on 9:15 AM Rating: 5
Powered by Blogger.